Indikator Average True Range (ATR)

Average True Range

Indikator Average True Range (ATR) adalah indikator yang menunjukkan volatilitas pasar yang  diperkenalkan oleh Welles Wilder dalam bukunya "Konsep baru dalam sistem perdagangan teknis". Indikator ini telah digunakan sebagai komponen dari banyak indikator dan sistem perdagangan lainnya sejak saat itu.

Average True Range seringkali dapat mencapai nilai tinggi di bagian bawah pasar setelah jatuhnya harga yang disebabkan oleh penjualan panik. Nilai indikator yang rendah adalah tipikal untuk periode pergerakan sideways dengan durasi panjang yang terjadi di puncak pasar dan selama konsolidasi.

Average True Range dapat diartikan sesuai dengan prinsip yang sama dengan indikator volatilitas lainnya. Prinsip peramalan berdasarkan indikator ini dapat dijelaskan dengan cara berikut: semakin tinggi nilai indikator, semakin tinggi kemungkinan perubahan tren; semakin rendah nilai indikator, semakin lemah pergerakan trennya.
Fungsi 

Fungsi indikator Average True Range (ATR) adalah untuk membantu trader dalam analisis teknikal dan mengukur volatilitas. 

Gambar : Indikator-average-true-range-ATR


Perhitungan

True Range adalah yang terbesar dari tiga nilai berikut:
•    perbedaan antara maksimum dan minimum saat ini (tinggi dan rendah);
•    perbedaan antara harga penutupan sebelumnya dan maksimum saat ini;
•    perbedaan antara harga penutupan sebelumnya dan minimum saat ini.