Fungsi 

Fungsi Indikator Alligator adalah untuk membantu trader pemula menangkap peluang dalam trading forex. Pada prinsipnya, Indikator Teknis Alligator adalah kombinasi dari Balance Lines (Moving Averages) yang menggunakan geometri fraktal dan dinamika nonlinier.

Filosofi

Filosofi indikator Alligator ini digambarkan sebagai Bibir, Gigi dan Rahang Buaya menunjukkan interaksi dari periode waktu yang berbeda. Karena tren yang jelas dapat dilihat hanya 15 hingga 30 persen dari waktu, kondisi pasar tersebut penting untuk diikuti dan menahan diri untuk membuka posisi di pasar yang berfluktuasi hanya dalam periode harga tertentu.

Ketika Rahang, Gigi dan Bibir tertutup atau merapat, itu berarti Alligator akan tidur atau sudah tertidur (kondisi pasar sedang dalam keadaan sideway).
Saat tidur, ia semakin lapar dan semakin lapar - semakin lama ia akan tidur, semakin lapar, kemudian ia akan bangun. 

Hal pertama yang dilakukan setelah bangun adalah membuka mulut dan menguap. Kemudian bau makanan datang ke lubang hidungnya: daging banteng atau daging beruang, dan Buaya mulai memburunya. Setelah cukup makan untuk merasa cukup kenyang, Alligator mulai kehilangan minat terhadap makanan / harga (Balance Lines semakin menyempit bergabung bersama).

Membaca

Sinyal dari indikator ini cukup mudah untuk ditangkap. Pada intinya, Anda hanya perlu memperhatikan posisi ketiga garis moving average berikut:
  1. Garis biru adalah rahang (jaw) dari indikator Alligator. Garis ini merupakan garis MA berperiode terpanjang (13) dan digunakan sebagai patokan dari kedua garis lainnya.
  2. Garis berwarna hijau adalah gigi (teeth) dari indikator Alligator. Karena berperiode lebih pendek (8), sinyal akan tercipta jika garis ini memotong garis biru. 
  3. Garis warna merah adalah bibir (lip) dari indikator Alligator. MA berperiode tercepat ini mengkonfirmasikan kapan sebaiknya Anda mulai membuka posisi.
Gambar : Indikator Alligator


Perhitungan

MEDIAN PRICE = (HIGH + LOW) / 2
ALLIGATORS JAW = SMMA (MEDEAN PRICE, 13, 8)
ALLIGATORS TEETH = SMMA (MEDEAN PRICE, 8, 5)
ALLIGATORS LIPS = SMMA (MEDEAN PRICE, 5, 3)
Dimana:
MEDIAN PRICE — median price;
HIGH — the highest price of the bar;
LOW — the lowest price of the bar;
SMMA (A, B, C) — smoothed moving average.
ALLIGATORS JAW — Alligator's jaws (blue line);
ALLIGATORS TEETH — Alligator's teeth (red line);
ALLIGATORS LIPS — Alligator's lips (green line).