Produk dan Layanan BAPPEBTI yang Perlu Anda Ketahui

Mengeluarkan Regulasi atau izin bagi Perusahaan Pialang Berjangka agar dapat melakukan kegiatan operasionalnya di Indonesia merupakan salah satu dari produk layanan BAPPEBTI. Terlebih ketika berbicara tentang Bisnis Forex dan Broker sebagai penyedia produk tersebut.


Fokus utama trader adalah sebatas mencari data mengenai broker yang resmi memiliki izin dari BAPPEBTI dan status beberapa perusahaan lainnya yang sudah dicabut izinnya. 

Terlepas dari dua hal diatas, ada beberapa produk dan layanan BAPPEBTI yang telah bisa dinikmati oleh masyarat, diantaranya adalah : SRG Mobile, Ujian Profesi, Info Komoditi, Pemetaan Pelaku Pasar, Pengaduan Online, Perizinan Online PBK, Perizinan PLK, Perizinan Online SRG.

SRG Mobile atau Sistem Resi Gudang

SRG merupakan instrumen perdagangan maupun keuangan yang memungkinkan komoditas yang disimpan dalam gudang memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan tanpa diperlukan agunan lainnya. Pelaksanaan SRG mengacu pada Undang-Undang No. 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 9 Tahun 2011. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan meluncurkan aplikasi Sistem Resi Gudang (SRG) Mobile untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di sekitar lokasi Gudang SRG dalam melakukan kegiatan SRG, baik penyimpanan barang, pengajuan pembiayaan ke lembaga keuangan maupun pemasaran komoditas. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan layanan SRG agar pemilik Resi Gudang, maupun Pengelola Gudang dapat lebih optimal memperoleh manfaat SRG.

Ujian Profesi Wakil Pialang. 

Ujian Profesi Wakil Pialang adalah ujian yang diberlakukan kepada seseorang / calon wakil dari perusahaan pialang berjangka. Dimana  Wakil Pialang Berjangka adalah orang perseorangan yang berdasarkan kesepakatan dengan Pialang Berjangka, melaksanakan sebagian fungsi Pialang Berjangka. 

Wakil pialang yang sudah mendapatkan izin dari kepala BAPPEBTI merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan pialang berjangka jika ingin mengajukan izin atau mendapat regulasi dari BAPPEBTI. 

Info Komoditi 

Info Komoditi yaitu layanan BAPPEBTI mengenai informasi harga-harga komoditi di seluruh Indonesia mulai dari level terbawah hingga level teratas dalam siklus penjualan komoditi sekaligus untuk mengamati harga secara real time.

Pemetaan Pelaku Pasar 

Pemetaan Pelaku Pasar adalah layanan informasi pertumbuhan pasar yang dipergunakan sebagai bahan kajian dan monitoring perdagangan berjangka secara real time.

Pengaduan Online 

Pengaduan Online adalah aplikasi yang dibuat oleh BAPPEBTI untuk memfasilitasi pengaduan langsung yang terhubung antara nasabah, perusahaan pialang, bursa berjangka, dan Bappebti. Hal ini sejalan dengan Peraturan Kepala Bappebti No 125/BAPPEBTI/PER/11/2015 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Nasabah, telah dikembangkan layanan online. 

Perizinan Online PBK

Perizinan Online PBK adalah salah satu aplikasi perizinan di bidang Perdagangan Bursa Komoditi yang terkoneksi dengan sistem Inatrade Kemendag. Tujuan dari perizinan online PBK adalah untuk mempermudah sekaligus sebagai upaya meningkatkan iklim usaha sector perdagangan bursa komoditi.

Perizinan PLK 

PLK adalah Pasar Lelang Komoditi atau pasar fisik terorganisasi bagi pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi Komoditas melalui sistem lelang dengan penyerahan komoditas.

Perizinan PLK merupakan izin yang diajukan oleh badan usaha memperoleh persetujuan sebagai Penyelenggara Pasar Lelang Komoditas dari Kepala Bappebti

Perizinan Online SRG. 

Perizinan Online SRG merupakan sistem yang dibangun untuk pengajuan izin secara online yang dilakukan oleh badan usaha (PT, BUMN, BUMD, dan koperasi) untuk mengelola gudang SRG.

Baca Juga : Tugas, Fungsi dan Wewenang BAPPEBTI