3 Tips Trading dengan RSI (Relative Strength Index)

Indikator Teknikal RSI (Relative Strength Index)

by : Cyber Forex

Apa itu RSI ?

RSI (Relative Strength Index) dihitung di antara indikator perdagangan yang paling populer. Ini untuk alasan yang baik, karena sebagai bagian dari osilator, RSI dapat membantu kami menentukan tren, entri waktu, dan banyak lagi.

Relative Strength Index (RSI) dikembangkan oleh J. Welles Wilder untuk mengukur kecepatan dan perubahan pergerakan harga. RSI berosilasi dan terikat antara nol dan 100. Ada banyak kegunaan yang berbeda untuk RSI dan sejauh ini yang paling populer adalah perdagangan overbought dan oversold crossover.

Ada 3 tips yang kami berikan untuk trading dengan indikator RSI  yaitu : Berpikir diluar crossover, perhatikan center line dan periksa parameter anda.

1. Berpikir Diluar Crossover

Ketika para pedagang pertama kali belajar tentang RSI dan oscillator lainnya, mereka cenderung tertarik ke nilai overbought dan oversold. Meskipun ini adalah poin intuitif untuk masuk di pasar pada retracements, ini dapat menjadi kontraproduktif dalam lingkungan tren yang kuat. RSI dianggap sebagai osilator momentum, dan ini berarti tren yang diperpanjang dapat menjaga RSI overbought atau oversold untuk jangka waktu yang lama.

Gambar di bawah adalah contoh utama menggunakan RSI pada grafik EURUSD 8 jam. Meskipun RSI turun di bawah pembacaan 30 harga terus menurun sebanyak 300 pips. Ini bisa menjadi masalah bagi pedagang yang ingin membeli pada RSI crossover dari nilai-nilai oversold. Alih-alih mempertimbangkan alternatif dan mencari untuk menjual pasar ketika RSI oversold dalam tren turun, dan membeli ketika RSI overbought dalam tren naik. 

RSI Oversold tapi Trend tetap turun


2. Perhatikan Center Line

Semua oscillator memiliki garis tengah dan lebih sering daripada tidak, mereka menjadi latar belakang yang terlupakan dibandingkan dengan indikator itu sendiri. RSI tidak berbeda, dengan garis tengah ditemukan di tengah kisaran pada pembacaan 50.

Pedagang valas teknis menggunakan garis tengah untuk menunjukkan pergeseran dalam tren. Jika RSI di atas 50, momentum dianggap naik dan pedagang dapat mencari peluang untuk membeli pasar. Penurunan di bawah 50 akan menunjukkan perkembangan tren pasar bearish baru.

Dalam grafik di bawah ini Anda dapat kembali melihat contoh EURUSD kami menggunakan grafik 8 jam. Perhatikan bahwa ketika harga didorong ke atas, RSI tetap di atas 50. Bahkan kadang-kadang, garis tengah bertindak sebagai pendukung indikator karena RSI gagal menembus di bawah nilai ini pada pertengahan April sebelum penciptaan tinggi lainnya. Namun, ketika momentum bergeser, RSI turun di bawah 50 menunjukkan pembalikan bearish. Mengetahui hal ini, pedagang dapat menyimpulkan posisi buy yang sudah ada, atau mencari entri pesanan dengan harga arah baru.

Harga bergerak turun dibawah centerline mengidentifikasi pergantian trend

3. Periksa Parameter Anda

RSI seperti banyak oscillator lainnya gagal pada pengaturan 14 periode. Ini berarti indikator melihat kembali 14 bar pada grafik apa pun yang mungkin Anda lihat, untuk membuat pembacaannya. Meskipun 14 adalah pengaturan default yang mungkin tidak menjadikannya pengaturan terbaik untuk perdagangan Anda. Biasanya pedagang jangka pendek menggunakan periode yang lebih kecil, seperti sembilan periode RSI, untuk meniru pergerakan jangka pendek di pasar. Pedagang jangka panjang dapat memilih periode yang lebih tinggi, seperti RSI periode 25, untuk garis indikator lain.

Dalam perbandingan terakhir, Anda dapat melihat pada grafik di bawah sembilan periode garis RSI berdampingan dengan garis RSI 25 periode. Meskipun mungkin tidak tampak seperti banyak perbedaan pada pandangan pertama, perhatikan garis tengah bersama dengan crossover dari nilai 70 dan 30. RSI sembilan di bagian atas grafik memiliki osilasi jauh lebih banyak dibandingkan dengan rekan RSI 25-nya.

RSI 25 memberikan garis yang lebih mulus dibandingkan dengan RSI 9