Trader mana sih yang tidak ingin menjadi trader yang hebat? Sepertinya tidak ada. Setiap trader tentu menginginkan mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak ada satu pun yang menginginkan berakhir di dasar jurang kehancuran akibat modal yang tergerus habis dimakan gejolak pasar.

Namun tahukah Anda, seperti apakah sebenarnya trader yang hebat itu? Apakah ia yang selalu bisa memetik keuntungan dari setiap transaksi yang dijalankannya? Tidak pernah loss? Atau mereka yang bisa melipatgandakan keuntungan hingga (konon) ratusan persen per bulan? Trader yang mengenal puluhan atau ratusan teori trading?



Mungkin Anda akan terkejut bahwa sebenarnya trader hebat itu justru tidak perlu memenuhi kriteria-kriteria di atas. Tidak ada – saya tegaskan: tidak ada! – trader hebat yang tak pernah mengalami loss. Mungkin pernah ada trader yang bisa meraup keuntungan hingga seratus persen (atau lebih) dalam sebulan, namun hal itu tidak terjadi setiap bulan. Hal seperti itu – jika tak boleh dikatakan tidak mungkin – amat-sangat jarang terjadi dalam dunia trading.

Mungkin Anda pernah bertemu dengan seseorang yang begitu mempesona memaparkan teori-teorinya tentang trading. Anda pun mungkin pernah beranggapan, “Oh, ia sungguh seorang trader yang hebat.” Padahal, seorang trader yang hebat pun belum tentu adalah trader yang hafal puluhan atau ratusan teori trading.

Jadi, sebenarnya trader hebat itu yang seperti apa?

Punya Trading Plan dan Disiplin

Trader hebat adalah trader yang memiliki perencanaan yang matang akan setiap langkah yang akan ia ambil dan melaksanakan rencana itu dengan konsekuen. Ia tidak akan mengambil keputusan tanpa dilatarbelakangi trading plan. Trader hebat itu adalah trader yang menghayati makna “plan your trade, trade your plan.”



Terkait dengan trading plan, trader yang hebat adalah juga ia yang memiliki kedisiplinan menegakkan rule yang telah ia buat sendiri untuk sistem tradingnya, dan dengan jantan mampu memangkas setiap kerugian sesuai dengan rule yang telah ia buat sendiri. Adapun mereka yang selalu menunda-nunda melakukan cut loss (atau strategi manajemen resiko lain) hanya karena berharap pasar akan berbalik arah bukanlah trader hebat meskipun (misalnya) mereka terselamatkan oleh berbaliknya arah pasar. Mereka hanyalah trader keras kepala yang tak menyadari bahwa mereka hanyalah ibarat segumpal buih yang terombang-ambing di samudera, tak mampu berbuat apa-apa selain mengikuti arus.



“Panjang Umur”

Trader hebat adalah trader yang “panjang umur”. Akun tradingnya panjang umur karena equity senantiasa bertambah.

Tidak ada gunanya mampu mencetak keuntungan yang fantastis namun hanya bertahan satu-dua bulan saja, namun selanjutnya hanya diwarnai oleh kemuramdurjaan akibat kerugian yang luar biasa pula, apalagi jika hingga berujung pada habisnya modal Anda. Trader hebat adalah trader yang mampu meningkatkan equity-nya secara konsisten meskipun penambahan yang terjadi tidak mencapai angka yang fantastis. Kemampuan membukukan keuntungan meskipun “hanya” 10-20% per bulan – bahkan mungkin hanya 5% per bulan – asal konsisten dan bertahan lama, sudah cukup membuat seorang trader menyandang predikat hebat.



Teori Penting, Tetapi Yang Lebih Penting Prakteknya

Trader yang hebat tak perlu ngotot menghafal atau mempelajari ratusan teori trading. Trader yang hebat mampu menghasilkan profit yang konsisten dengan satu atau dua sistem trading yang mereka miliki dan benar-benar kuasai. Bisa jadi mereka tak mengerti tentang Elliot Wave Theory, tak paham apa itu intermarket analysis, atau tak pernah mendengar teori-teori trading yang semakin berkembang dan canggih, namun hasil keuntungan trading mereka begitu nyata. Itu karena mereka merasa cukup memahami satu atau dua trik sederhana, namun dengan tekun dan sabar mempraktekkannya hingga mereka benar-benar menguasainya. Pada gilirannya, keuntungan datang menghampiri mereka.



Memang tak ada salahnya berupaya mencetak keuntungan sebesar mungkin, namun pada intinya trader hebat itu dinilai dari bagaimana proses ia memperoleh keuntungan itu, bukan dari berapa besar keuntungan yang ia peroleh.

Semoga tercerahkan. Semoga kita bisa menjadi trader hebat.

http://foreximf.com/ozlombok